Visi & Misi

VISI MISI DAN TUJUAN SMP St PAULUS JAKARTA
Visi, Misi dan tujuan SMP St Paulus Jakarta
1. Visi SMP St Paulus Jakarta
“Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berdasarkan Profil Pancasila, dan Kebinekaan Global berlandaskan Iman dan Takwa ”
2. Misi SMP St P Jakarta,
a) Membentuk Peserta didik yang beriman dan bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b) Menjalin tumbuh kembangkan nilai – nilai etika estetika, termasuk nilai – nilai Injili berpedoman pada semangat “ SCIO CUI CREDIDI” ( Saya tahu kepada siapa saya percaya )
c) Melahirkan generasi muda yang penuh kasih, ramah, peduli, disiplin dan nasionalis serta berwawasan global.
d) Melahirkan generasi muda yang kreatif dan berjiwa wirausaha
e) Mewujudkan Iklim Akademik yang Mendorong Prestasi dan Penguasaan IPTEK
f) Membudayakan Literasi dan Numerasi dalam membangun potensi peserta didik.
g) Menerapkan sikap Pelajar Pancasila yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan peduli lingkungan
h) Mewujudkan generasi yang sehat jasmani dan rohani, serta memiliki keterampilan hidup (life skills)
i) Membangun kolaborasi yang baik antara sekolah, orang tua peserta didik dan masyarakat.
3. Tujuan SMP St Paulus
Tujuan Umum.
Meningkatkan keunggulan potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis,bertanggung jawab.dan berkebhinekaan global.
7
(a) Tujuan Pendidikan di SMP St Paulus Jakarta adalah:
1. Mewujudkan peserta didik yang beriman, bertakwa, berkarakter dan berkepribadian luhur.
2. Mewujudkan peserta didik yang cerdas, kompetitif, kreatif, melalui KIR, Think Quest, Pelatihan Olimpiade, ICT dan Ekstrakurikuler.
3. Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang sehat, cerdas, kreatif, dan inovatif, melalui kegiatan ICT, MGMP, Diklat, Work Shop, Seminar, dan Olahraga bersama.
4. Menumbuhkembangkan spiritualitas dan profesionalisme guru dan karyawan dalam pelayanan kepada peserta didik
5. Memanfaat TIK dalam majemen pendidikan dan pembelajaran
(b) Pencapaian Tujuan Pendidikan di SMP St Paulus Jakarta adalah:
1. Pada tahun pertama menjadi lembaga pendidikan yang memberikan layanan berkualitas dan peserta didik yang berbudaya , berakhlak mulia, berkarakter dan peduli terhadap lingkungan
2. Pada tahun kedua menjadi peserta didik yang sehat, cerdas, kreatif, dan inovatif
3. Pada tahun ketiga menjadi peserta didik yang cerdas, kompetitif, dan kreatif.
4. Pada tahun keempat menjadi lembaga pendidikan yang mampu memberikan layanan berkualitas.
5. Pada tahun kelima menjadi lembaga pendidikan yang mampu menghatar peserta didik untu memasuki era industri 4.0
Tujuan yang ingin dicapai SMP St Paulus sebagai bentuk untuk mewujudkan visi sekolah yang tealah ditetapkan adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)
a. Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia
b. Mendorong peserta didik untuk mampu mengreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada budaya lokal.
8
c. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu peserta didik bernalar kritis, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dan gagasan.
d. Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah yang menunjang peseta didik dalam mengreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya lokal.
e. Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis proyek yang mengedepankan jiwa kegotong-royongan
2. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun )
a. Merancang pembelajaran yang mengedepankan ciri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis;
b. Membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan daya saing, berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan dan bangsanya;
c. Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan nyata;
d. Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotong – royongan.
e. Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi sosial dan berjiwa kompetitif, kreatif dan mandiri yang tetap menjunjung budaya lokal
f. Mempunyai life skill yang mampu berdapatasi dengan perekembangan jaman.
g. Mampu mengkreasikan ide/gagasan yang dituangkan dalam tindakan atau karya yang berakar dari budaya lokal dalam kebhinekaan global
h. Mempunyai karakter yang sopan, santun dan dan mandiri, kreatif yang mampu bersaing sesuai perkembangan jaman.
i. Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses perkembangan intelektual, emosional, sosial, ketrampilan dan tumbuh kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masing masing peserta didik yang mengedepankan nilai gotong royong.
j. Menjadikan masyarakat dan orang tua sebagai mitra bersama dalam menjalankan penyelenggaraan pendidikan sekolah
9
Target yang ingin dicapai SMP St Paulus dalam empat tahun kedepan adalah:
1. Standar isi (kurikulum)
a. Memiliki KSP
b. Kurikulum 95,5% memenuhi standar nasional pendidikan (perangkat pembelajaran sudah disusun lengkap untuk kelas 7-9 semua mapel)
2. Peningkatan standar tenaga kependidikan
a. Tercapainya kegiatan Komunitas Belajar (Kombel) sekolah untuk forum diskusi dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan penilaian untuk semua mata pelajaran
b. Setiap pendidik/ tenaga kependidikan pernah mengikuti workshop/ diklat/ seminar minimal 4 kali.
c. 25 % guru guru lulusan S2
3. Peningkatan standar proses
a. Pemilihan dan penggunaan metode mengajar dalam satu semester minimal 3 macam.
b. Semua tingkat telah melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi
c. Membuat kesepakatan kelas baik sebagai wali kelas dan guru mapel
d. Memiliki Hasil Kegiatan Gerakan literasi dan numerasi Sekolah dalam satu tahun berupa karya siswa yang variatif ( 4 karya ) contoh antologi puisi, cerpen, pantun dengan gelar karya minimal 1 bulan sekali dan dibuat tim literasi (penanggung jawab guru bahasa, IPA, dan m atematika)
e. Melaksanakan peringatan hari besar keagamaan 3 kali (isra miraj, maulid dan 10 muharram)
f. Melaksanakan Projek Profile Pelajar Pancasila kelas 7 dan 8 minimal 3 kali.
g. Melaksanakan pembiasaan seperti :
10
Senin upacara bendera dua minggu sekali (1 dan 3) diselingi pembinaan wali kelas
(2 dan 4)
Selasa tadarus juzama di pandu satu peserta didik terjadwal
Rabu Gizi (minggu 1 dan 3) dan Rabu Bugar (minggu 2 dan 4)
Kamis literasi dan numerasi lintas mapel ( 1 literasi, 2 numerasi, 3 literasi dan
numerasi) ( unjuk karya minggu akhir )
Jumat Muhadhoroh dan dhuha yasin
h. Melakukan jumat praktik baik sebulan 1 kali dengan urutan sebagai berikut :
Guru Pengajar Praktik
Guru CGP
Guru yang mengikuti pelatihan
Guru Tim Kecil Komunitas Belajar
4. Peningkatan / pengembangan fasilitas pendidikan
a. memiliki pojok literasi yang nyaman
b. memiliki tambahan buku bacaan referensi atau fiksi
c. memiliki proyektor disetiap kelas dalam kondisi baik dan terawat
d. memiliki kipas angin disetiap kelas dalam kondisi baik dan terawat
e. memiliki pendingin ruangan di beberapa ruang dalam kondisi baik dan terawa
f. memiliki tanaman/ bunga di setiap selasar ruang kelas
g. tersedianya tempat cuci tangan di beberapa tempat
h. tersedianya hand sanitizer dan masker secara lengkap
5. Peningkatan standar kelulusan
a. peningkatan rata-rata hasil Ujian Sekolah sebesar 10 point
b. persentase kelulusan siswa 100%
c. persentase lulusan yang diterima SMA/ SMK Negeri mencapai 90%
d. memiliki prestasi akademik dan atau nonakademik ditingkat kota dan atau provinsi minimal 4 kali
6. Peningkatan mutu kelembagaan dan manajemen
a. Fungsi pengelolaan sekolah memenuhi standar nasional pendidikan100%
7. Peningkatan standar pembiayaan Pendidikan
a. Pembiayaan Pendidikan terserap 100% dan tepat sasaran
11
8. Peningkatan standar penilaian
a. Sekolah dan guru melakukan penilaian pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan100%.
b. KKTP setiap mata pelajaran (karakter siswa, karakter mata pelajaran, kondisi satuan
pendidikan, dan analisis hasil penilaian)
c. Penulisan soal disertakan kisi-kisi, soal dan kartu soal
d. Melaksanakan asesmen diagnostik kognitif bagi peserta didik untuk semua mapel
e. Melaksanakan asesmen diagnostik non kognitif bagi peserta didik untuk BK
f. Melaksanakan asesmen formatif bersama
g. Melaksanakan asesmen sumatif bersama
h. Melaksanakan ANBK bagi siswa terpilih kelas VIII
i. Menggunakan aplikasi dalam Asesmen (Smart Dolpu, Google Form, dll)
j. Melakukan penilaian sikap sesuai dengan nilai-nilai yang ada di Profil Pelajar Pancasila
k. Menyusun laporan kemajuan hasil belajar